Mengajar Makin Mudah dengan Chromebook

Dilihat 5,976 pengunjung

Untuk mempermudah proses pembelajaran jarak jauh, Direktorat Sekolah Menengah Pertama (SMP) memberikan bantuan prasarana berupa Chromebook ke sekolah di berbagai daerah. Langkah ini bertujuan untuk mengakomodir kebutuhan para pengajar dalam melaksanakan aktivitas mengajar.

Chromebook dapat digunakan secara daring (online) maupun luring (offline). Untuk dapat  mengoperasikan Chromebook secara offline, pengguna harus memiliki akun yang terdaftar di perangkat dan sudah terhubung dengan akun Google. Hal ini diperlukan pada perangkat diperlukan untuk menyesuaikan data pada aplikasi yang dijalankan oleh pengguna. 

Meskipun tidak terhubung ke jaringan internet, pengguna tetap dapat melakukan berbagai hal menggunakan Chromebook, seperti mengecek email, mengakses media pembelajaran dari media penyimpanan lokal (harddisk, flashdisk, micro SD),  serta mengakses filefile pembelajaran dari komputer lain melalui jaringan lokal.

Untuk mengelola email, pengguna Chromebook yang sudah tersinkronisasi dengan akun google dapat membaca, membalas, dan menelusuri pesan Gmail meskipun dalam mode offline. Ketika pengguna ingin mengirim email secara offline, email yang telah dibuat akan masuk ke dalam folder “Kotak Keluar” dan akan terkirim setelah terhubung ke internet.

Dalam kegiatan pembelajaran dari rumah, guru dapat memanfaatkan Google Docs secara offline untuk membuat dokumen Kompetensi Inti (KI) dan Kompetensi Dasar (KD) sebagai langkah awal kegiatan pembelajaran. 

Selain itu, guru dapat menyiapkan bahan ajar dalam bentuk apapun sesuai kebutuhan menggunakan Google Docs secara offline, serta mempresentasikan bahan ajar kepada peserta didik secara online maupun offline.

Bahan ajar bisa berupa materi pelajaran, kumpulan rumus, atau ringkasan materi. Tidak hanya bentuk dokumen, guru juga dapat memanfaatkan bentuk bahan ajar lain, seperti audio atau video pembelajaran. 

Selain itu, para pengajar juga dapat memanfaatkan Google Docs untuk pembuatan soal dan Google Sheets untuk mengolah nilai. Kedua aplikasi tersebut dapat digunakan secara offline menggunakan Chromebook.

Chromebook juga memiliki fasilitas penyimpanan berbasis awan (cloud) sebesar 15 GB yang dapat disinkronisasi dengan akun Gmail. Kapasitas tersebut dapat di-upgrade sesuai kebutuhan pengguna secara berbayar.

Untuk mengetahui lebih dalam mengenai  langkah-langkah pengoperasian Chromebook, kalian dapat mengunduh buku panduan “Menggunakan Chromebook Secara Offline” di bawah ini.

Penulis: Pengelola Web SMP

Scroll to Top