Mendorong Budaya Membaca di Rumah Lewat Film “Melukis Pantai”

Dilihat 2,508 pengunjung

“Kalau kamu mau seperti ayah, nih baca. Kata ayah, kalau kamu mau menuang teh ke dalam cangkir, penuhi dulu pocinya” ujar Kirana kepada Risang sang adik. 

Berikut adalah kutipan dialog dalam film “Melukis Pantai” yang dirilis beberapa waktu lalu Pusat Data dan Teknologi Informasi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Pusdatin Kemendikbud) melalui kerjasama dengan Busan Foundation for International Cooperation serta Korean Foundation for International Cultural Exchange (KOFICE).

Film ini diproduksi untuk mengkampanyekan budaya membaca di keluarga, sejalan dengan program “Merdeka Belajar” yang digaungkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Dibuat dalam format pendek dengan durasi sekitar 30 menit, film ini bisa menjadi hiburan segar, edukatif, dan inspiratif di tengah pandemi seperti sekarang. 

Film Melukis Pantai terinspirasi dari kisah hidup Gol A Gong, seorang penulis dan pegiat literasi, yang telah membuktikan bahwa kekurangan dan keterbatasan bukanlah hambatan. Membaca telah memberinya kekuatan yang luar biasa. 

Film ini bercerita tentang seorang ibu tunggal bernama Indi yang ingin membahagiakan buah hatinya, Kirana dan Risang, sepeninggal mendiang suaminya. Dia tahu, Risang si bungsu yang berkebutuhan khusus namun amat berbakat dalam hal melukis, selalu memimpikan berpelesir ke tempat-tempat indah yang diceritakan dalam buku-buku peninggalan sang ayah. 

Namun dengan kondisi Indi sebagai orang tua tunggal, kegiatan berpelesir merupakan sebuah kemewahan yang agak sulit dicapai. Karena itu, lewat buku-buku peninggalan suaminya, Indi dan Kirana berusaha menghadirkan “kemewahan” dan  tempat-tempat indah itu ke dalam ruang imajinasi Risang. 

Dikemas dengan menarik dan sarat akan nilai-nilai budaya, film ini dibintangi oleh Ratri Anindyajati, Keira Talexi Dharmawan, dan Gastan Azhimar Anwar. Tidak hanya menyajikan cerita yang menarik, soundtrack film Melukis Pantai berjudul “Dari Kata-Kata” yang dibawakan oleh penyanyi cilik Disalula Acila Yeda semakin menyempurnakan nilai film ini. 

Jadi, apakah sudah cukup penasaran dengan film ini? Bagi Anda yang ingin menyaksikannya, dapat mengakses film Melukis Pantai secara gratis melalui kanal Youtube Televisi Edukasi. Dan bagi yang sudah menonton, jangan lupa untuk menginformasikannya ke teman-teman lain, ya.

Penulis: Pengelola Web Direktorat SMP

Baca Juga  Program Direktorat: Melangkah Menuju Zona Integritas Wilayah Bebas Korupsi

Referensi:

https://www.youtube.com/watch?v=KgGqUjIh_VM

https://www.instagram.com/p/CLF5VFyH944/

https://www.youtube.com/watch?v=aE2se5ksZHk

Scroll to Top