Memperdalam Bahasa dan Sastra Indonesia Dengan Menggunakan Modul

Dilihat 4,296 pengunjung

Halo, Sobat SMP! Bahasa adalah salah satu bentuk komunikasi yang sering dilakukan oleh manusia. Oleh karena itu, peran bahasa sangat penting adanya untuk mempermudah komunikasi sehari-hari. Saat ini, bahasa resmi yang kita gunakan adalah bahasa Indonesia.

Meskipun menjadi bahasa sehari-hari, bahasa Indonesia haruslah tetap dipelajari. Pasalnya, bahasa Indonesia sendiri memiliki aturan dan kaidah yang telah diatur. Selain itu, bahasa juga erat kaitannya dengan sastra, karya tulis yang memiliki keindahan.

Melihat pentingnya peran bahasa dan juga sastra Indonesia, Direktorat SMP Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia menerbitkan 8 modul pembelajaran bahasa Indonesia untuk peserta didik jenjang SMP kelas VII.

Empat modul pertama membahas berbagai topik mengenai jenis teks. Modul pertama yang bertajuk Lingkunganku  menjelaskan mengenai teks deskripsi. Setelah itu, diikuti oleh modul kedua tentang teks narasi yang berjudul Ceritaku. Modul ketiga memiliki judul yang mencerminkan isinya, yaitu Teks Prosedur. Jenis teks terakhir ialah teks laporan yang terkemas di dalam modul keempat yang berjudul Laporanku.

Selepas mempelajari mengenai jenis teks, keempat modul berikutnya lebih berfokus ke bidang sastra. Modul Buku Fiksi dan Non Fiksi menjadi modul kelima yang membedah hal-hal seputar buku. Selanjutnya modul keenam yang bertajuk Suratku mengupas perkara soal surat-menyurat.

Modul berikutnya, yaitu modul ketujuh membahas tentang puisi dengan tajuk Puisi Rakyat. Modul kedelapan sekaligus modul pembelajaran bahasa Indonesia yang terakhir adalah Teks Cerita Fabel, berisikan hal-hal seputar cerita hewan yang menjadi tokoh utama.

Modul-modul tersebut dapat digunakan sebagai bahan ajar untuk peserta didik selama satu tahun. Tidak hanya bahan ajar, modul juga dilengkapi dengan tes formatif dan tes akhir modul sebagai bahan evaluasi pembelajaran.

Semoga dengan semua modul pembelajaran bahasa Indonesia ini kalian dapat memahami bahasa dan juga sastra Indonesia lebih dalam lagi. Karena dengan memahami kaidah bahasa Indonesia sekaligus sastra Indonesia, maka secara tidak langsung sobat SMP juga turut melestarikan warisan budaya bangsa, loh! Jangan lupa untuk mempelajari serta membagikan modul yang bisa kalian unduh di Modul SMP Terbuka Bahasa Indonesia ke teman-teman kalian, ya.

Penulis: Pengelola Web Direktorat SMP

Scroll to Top