Kreasi Akrilik Nan Cantik SMP Terbuka 1 Cikidang

Dilihat 4,604 pengunjung

SMP Terbuka 1 Cikidang terletak di jalur alternatif menuju objek wisata Pelabuhan Ratu, kondisi ini ternyata memberikan peluang emas untuk mengembangkan potensi bisnis peserta didiknya. Melalui Program Pendidikan Keterampilan (PPK) yang dijalankan oleh pihak SMP Terbuka, para peserta didik kini dapat menciptakan berbagai kreasi akrilik nan cantik yang dapat dipasarkan sebagai cinderamata. 

Dibuat secara manual dan mengedepankan kualitas, membuat produk aksesoris akrilik / mute yang dipasarkan menjadi eksklusif serta bernilai tinggi. Tak heran bila produk-produk ini laris terjual dengan harga variatif berkisar 600 ribu sampai dengan 3 juta rupiah. Ragam aksesori yang ditawarkan pun cukup banyak, seperti gelang, tempat pensil, tas, boneka, dan lain-lain. Para pemburu cinderamata bisa memilih produk yang diinginkan dengan leluasa.

 

Kegiatan ini melibatkan seluruh peserta didik SMP Terbuka 1 Cikidang yakni sebanyak 30 orang rekrutmen yang melibatkan guru pamong, guru bina, guru keterampilan, wakil kepala sekolah, komite, dan tenaga ahli. Dengan memanfaatkan ruang kelas dan perpustakaan atau sarana dan prasarana yang ada di SMPN 1 Cikidang, peserta didik dirangkul untuk produktif berkarya sehingga kedepannya bisa  mendapatkan bekal keterampilan mumpuni.  

Kegiatan PPK yang diselenggarakan oleh SMP Terbuka 1 Cikidang juga tidak hanya berfokus pada proses produksi, namun pembekalan secara menyeluruh termasuk kegiatan pemasaran, pengemasan produk, kerjasama, pengelolaan dana, serta evaluasi kegiatan. Langkah ini sejalan dengan spirit dibukanya SMP Terbuka, yakni untuk memberikan layanan pendidikan alternatif khusus di daerah yang sulit menjangkau SMP Reguler.

Berkat keuletan dan semangat belajar sekaligus berkarya yang luar biasa, aksesoris akrilik produksi SMP Terbuka 1 Cikidang pernah meraih juara Harapan 3 Kejuaraan LOMAJORI tingkat provinsi pada bidang keterampilan. Seluruh elemen pengelola juga terus berupaya agar SMP Terbuka 1 Cikidang bisa memiliki galeri kriya sendiri yang nantinya akan menjadi titik utama pemasaran aksesoris mute. 

Berdiri sejak tahun 1998, pada tahun ajaran 2020/2021 SMP Terbuka 1 Cikidang memiliki peserta didik sebanyak 113 orang yang tersebar di 3 Tempat Kegiatan Belajar (TKB), yaitu TKB Muarasari, TKB Pangkalan, dan TKB Bumisari. Layanan pendidikan kepada peserta didik terus diupayakan dengan dukungan 31 guru bina, 8 orang Tenaga Administrasi Sekolah (TAS), 12 guru pamong, serta seorang wakil kepala sekolah yang khusus mengelola SMP Terbuka .Semangat belajar peserta didik, antusiasme masyarakat, dan dukungan dari berbagai pihak membuat SMP Terbuka 1 Cikidang terus berjalan sampai saat ini.

Bagi kalian yang ingin tahu lebih dalam tentang pembuatan aksesoris akrilik (mute) dapat mengunduh buku panduan “Menggunakan Aksesori Mute SMP Terbuka 1 Cikidang, Tampil Pede Bikin Hati Gak Bete” dapat mengunduh modul di bawah.

Penulis: Pengelola Web Direktorat SMP

Scroll to Top