Kontingen GSI SMP Kota Yogyakarta berhasil Menyabet Predikat 30 Besar Pemain Terbaik dalam Ajang Gala Siswa Indonesia Tingkat Nasional

Dilihat 4,320 pengunjung

Pelatih Eko Supriyono, S.Or., M.Pd guru SMPN 6 Yogyakarta dan pelajar Kelas Khusus Olahraga SMPN 13 Yogyakarta yaitu Gilang Ardha Pradipta, Chandra Rambu Rabbani, Achmad Zidan Ar Rosyid, dan Keano Azura Owen meraih prestasi tinggi dalam ajang Training Center Gala Siswa Indonesia (GSI) jenjang Sekolah Menengah Pertama (SMP)  Tingkat Nasional tahun 2020 yang diselenggarakan oleh Kemdikbud melalui Puspresnas berkolaborasi dengan PSSI di Soreang, Kabupaten Bandung Provinsi Jawa Barat pada tanggal 14-30 November 2020.

Gala Siswa Indonesia jenjang SMP tingkat Nasional merupakan ajang resmi Kemdikbud RI melalui Pusat Prestasi Nasional bekerja sama dengan PSSI dalam menjalankan amanat intruksi Presiden tentang percepatan pembangunan sepak bola Nasional. Gala Siswa Indonesia adalah talent scouting cabang sepak bola dengan sistem pertandingan mulai dari tingkat kecamatan, kabupaten, propinsi dan Nasional.  Dimasa pandemi Covid-19  ini tidak memungkinkan dilakukan pertandingan sehingga adaptasi baru terkait sistem seleksi dilakukan yaitu dengan seleksi kemampuan fisik, teknik dan karakter anak dilakukan secara daring. Peserta siswa SMP kelas 8 dan 9 kelahiran setelah 1 Januari 2006.

Dinas Pendidikan Kota Yogyakarta melalui bidang SMP bekerjasa dengan MGMP PJOK SMP Kota Yogyakarta menfasilitasi proses daring dan pengambilan video mulai dari tingkat Kecamatan dan Kabupaten. Kemudian tingkat nasional pemain dipilih oleh Talent Scouting dari PSSI sebanyak 5 pemain dan 1 pelatih setiap propinsi. Tahun ini sebanyak 150 pemain terbaik dan 30 pelatih dari 30 propinsi. untuk kontingen Kota Yogyakarta diwakili oleh 4 pemain dan 1 pelatih yang terdiri dari Pelatih Eko Supriyono dari SMPN 6 Yogyakarta, Gilang, Rambu, Keano, Zidan dari SMPN 13  Yogyakarta.

Dedi Budiono selaku Sekretaris Dinas Pendidikan Kota Yogykarta dalam acara pelepasan kontingen GSI Kota Yogyakarta menjelaskan bahwa “ Pemain sepak bola tidak hanya tetang Fisik, taktik, strategi dan mental saja tetapi karakter sebagai pemain di dalam dan diluar lapangan akan menentukan kesuksesan pemain di masa yang akan datang”

Kegiatan tingkat Nasional dilakukan dengan mekanisme Training Centre bertempat di Soreang, Kabupaten Bandung mulai dari tanggal 14 s. d 30 November 2020. Kegiatan TC diisi dengan latihan sepak bola, materi gizi, kepemimpinan, psikologi, pemahaman strategi bermain dll di minggu pertama. Kemudian di minggu kedua 150 pemain dan 30 pelatih dari 30 propinsi se-Indonesia disebar dan dibagi menjadi 8 tim yaitu tim rajawali, gagak, muray, cendrawasih, kepodang, elang, merpati, dan jalak. Tim DIY yang terdiri dari Pak Eko Supriyono (SMPN 6) dan Gilang (SMPN 13)  berada di tim Rajawali, Rambu dan Keano (SMPN 13) di tim elang, kemudian Zidan (SMPN 13) di tim Cendrawasih. Pertandingan dilaksanakan di Gelora Sabilulungan kompleks Stadion Si Jalak Harupat Soreang Kabupaten Bandung.

Tim Rajawali yang berisi pelatih Eko Supriyono dan Gilang Ardha mampu menenbus partai Final setelah berhasil menjadi Juara Grup. Partai Final dilaksanakan pada hari sabtu, 28 November 2020. Hasil pertandingan gagak berhasil menjadi juara setelah menundukan Rajawali dengan score 4-1. Peringkat ketiga diraih oleh tim muray setelah mengalahkan tim kepondang 1-0. Hasil ini membuat Eko Supriyono dan Gilang Ardha meraih medali Perak. Lebih membanggakan lagi Gilang Ardha menjadi Kiper terbaik dalam ajang tersebut. Sementara itu 3 pemain lain masuk dalam 30 pemain terbaik pilihan talent scouting dari PSSI.

Hasil 30 pemain ini menjadi Pustaka bagi PSSI untuk seleksi Timnas U-16 kedepan dan diharapkan menjadi talenta-talenta terbaik Indonesia yang menjadi generasi penerus pemain-pemain yang sudah berprestasi untuk bangsa.

Penutupan kegiatan dilakukan di Ballroom Hotel Sunshine Soreang pada hari Minggu, 29 November 2020. Kegiatan ditutup langsung oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI Bapak Nadim Anwar Makarim dan Ketua Umum PSSI Bapak Muchammad Iriawan. Kemudian penyerahan medali dilakukan secara langsung oleh PLT Kepala Pusat Prestasi Nasional Bapak Asep Sukmayadi, Sekjen PSSI Bapak Yunus Nusi dan Direktur Teknik PSSI sekaligus Brand Ambasador GSI BapaK Indra Safri.

Prestasi tinggi kontingen GSI Kota Yogykarta tidak terlepas dari dukungan dan fasilitas yang luar biasa oleh Dinas Pendidikan Kota Yogyakarta yang bekerjasama dengan Bank BPD DIY cabang Senopati.

Sumber:  https://pendidikan.jogjakota.go.id/

Scroll to Top