Komposisi Zat dalam Pola Makanan Bergizi dan Seimbang

Dilihat 3,297 pengunjung

Untuk memenuhi kebutuhan nutrisi, tubuh kita memerlukan pola makan yang bergizi dan seimbang. Terutama di tengah pandemi COVID-19 ini, peranan pola makanan sehat sangatlah penting selain  terutama untuk menjaga imunitas tubuh.

Tentu kalian pernah mendengar istilah “empat sehat lima sempurna”. Empat sehat lima sempurna adalah adalah kampanye yang dilakukan pemerintah sejak tahun 1955 untuk membuat masyarakat memahami pola makan yang benar. Komposisinya terdiri atas berbagai makanan sehat seperti nasi, lauk-pauk, sayur-sayuran, buah-buahan, dan juga disempurnakan oleh susu.

Pola makan yang bergizi dan seimbang adalah pola makan yang memperhatikan komposisi jenis makanan,  teratur, tidak berlebihan, ataupun tidak kekurangan. Pola makan ini memiliki banyak manfaat, seperti menjadi sumber energi, mempertahankan imunitas tubuh, memperbaiki sel-sel yang rusak, mengatur metabolisme tubuh, dan membuat tubuh semakin berkembang dengan baik.

Tadi sudah sempat dijelaskan tentang istilah empat sehat lima sempurna. Di dalam empat sehat lima sempurna, ternyata ada banyak jenis zat loh yang sangat diperlukan oleh tubuh. Hmm, kira-kira zat apa saja ya Sobat SMP?

Karbohidrat

Karbohidrat atau hidrat arang adalah makanan yang diperlukan tubuh sebagai sumber tenaga utama. Contoh jenis makanan ini adalah nasi, kentang, jagung, sagu, gula, dan masih banyak lagi.

Lemak

Lemak adalah sumber tenaga cadangan yang diperlukan tubuh ketika tenaga utama sudah habis. Mengonsumsi makanan yang mengandung banyak lemak akan memberi rasa kenyang yang lebih lama. Biasanya lemak terdapat di beberapa makanan yang terasa enak seperti daging hewani, alpukat, kacang-kacangan, dan mentega.

Protein

Selain berfungsi sebagai zat pembangun, protein juga berfungsi sebagai zat pengatur dan energi untuk tubuh. Protein diperlukan untuk pembentukan sel-sel tubuh serta memperbaiki sel tubuh yang rusak. Protein banyak terkandung di produk-produk hewani seperti daging merah, daging ayam, dan ikan. Selain dari hewani, protein juga terdapat di beberapa produk nabati seperti tahu, tempe, kedelai, dan kacang polong.

Mineral

Baca Juga  SMP Terbuka Bawang Hasilkan Kriya Kayu Bermutu

Proses metabolisme tubuh perlu mendapat dukungan dari zat mineral. Mineral akan berperan sebagai bahan baku kerja enzim. Ada banyak sekali zat mineral yang diperlukan oleh tubuh seperti kalsium, klorida, magnesium, kalium, zat besi, yodium, dan masih banyak lagi.

Vitamin

Vitamin memiliki berbagai fungsi yang membantu mengatur metabolisme. Setiap vitamin memiliki fungsi yang berbeda-beda seperti menjaga kesehatan mata (vitamin A), membantu proses metabolisme tubuh (vitamin B), menjaga imunitas tubuh (vitamin C), menyehatkan tulang (vitamin D), menjadi antioksidan (vitamin E), dan juga memiliki peran dalam proses pembekuan darah (vitamin K). Seluruh vitamin biasanya terkandung dalam sayur-sayuran dan juga buah-buahan.

Air

Zat makanan terakhir yang diperlukan oleh tubuh adalah air. Air mempunyai banyak sekali manfaat seperti menjaga keseimbangan cairan tubuh, mencegah batu ginjal, meningkatkan kecantikan kulit, dan masih banyak lagi.

Nah, sekarang Sobat SMP sudah tahu kan seperti apa pola makanan yang baik bagi tubuh? Mulai besok, yuk aplikasikan pola makanan sehat dan bergizi. Jangan lupa juga untuk melakukan aktivitas kegiatan olahraga, makan yang teratur, dan istirahat cukup.

Penulis: Pengelola Web Direktorat SMP

Referensi: Modul SMP Terbuka PJOK Pola Makanan Sehat untuk kelas VII terbitan Direktorat SMP Kemdikbud RI tahun 2020

Scroll to Top