Kiat Sukses Menjadi Seorang Wirausahawan

Dilihat 2,641 pengunjung

Halo, Sobat SMP! Apakah ada diantara Sobat SMP yang memiliki cita-cita menjadi seorang wirausahawan? Kalau ada, itu adalah cita-cita yang hebat dan luar biasa! Tidak mudah loh menjadi seorang wirausahawan. Pasalnya, seorang wirausahawan harus memiliki karakter dan sifat yang berbeda dari orang biasa.

Sebelum lebih jauh mengetahui kiat-kiat sukses menjadi seorang wirausahawan, Sobat SMP pasti sudah paham apa yang dimaksud dengan menjadi seorang wirausahawan. Ya, Wirausahawan adalah orang yang mempunyai kemampuan melihat dan menilai kesempatan bisnis, mengumpulkan sumber daya yang dibutuhkan guna mengambil keuntungan dan tindakan yang tepat dalam memastikan kesuksesan.

Ada banyak contoh wirausahawan yang berhasil membangun usaha dan lapangan pekerjaan bagi banyak orang. Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (Jokowi) contohnya. Sebelum berkiprah di bidang politik, Presiden ketujuh RI tersebut pernah memiliki usaha mebel. Selain Presiden Jokowi, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nadiem Makarim pun adalah seorang wirausahawan. Ia mendirikan sebuah perusahaan start-up yang kini memiliki nama besar, yaitu Gojek.

Sifat seorang wirausahawan

Presiden Jokowi, Mendikbud Nadiem, dan juga jutaan pengusaha lainnya tentu tidak sembarangan dalam merintis usahanya. Ada karakter dan sifat yang diperlukan untuk menjadi seorang wirausahawan.

Seorang wirausahawan harus memiliki karakter yang ulet. Orang yang ulet tidak akan mudah menyerah untuk mencapai suatu tujuan dengan berbagai alternatif.

Selain ulet, inovatif juga diperlukan. Inovatif di sini berarti kemampuan untuk menerapkan kreativitas dalam rangka memecahkan persoalan-persoalan dan melihat peluang yang potensial.

Ulet dan inovatif saja tidak cukup. Dibutuhkan juga keberanian untuk mengambil risiko. Hal ini yang seringkali mematahkan semangat seseorang yang ingin merintis usaha. Solusinya adalah tetap optimis dan menyiapkan rencana cadangan apabila terjadi kegagalan.

Penyebab keberhasilan dalam berwirausaha

Baca Juga  MPLS Corona: Tren Tatap Muka Virtual Era Telekomunikasi

Apabila sudah memahami sifat dan karakter untuk menjadi seorang wirausahawan, Sobat SMP harus tahu juga berbagai faktor yang membuat usaha menjadi berhasil. 

Penyebab keberhasilan yang pertama adalah memiliki visi, misi, dan strategi. Dengan adanya visi, misi, dan strategi, rencana usaha akan terarah dengan jelas sehingga sobat SMP tahu apa yang harus dilakukan untuk mencapai keberhasilan.

Selanjutnya adalah memiliki kemauan dan kemampuan. Seperti kata Pepatah “dimana ada kemauan, disitu ada jalan” benar adanya. Jika ada kemauan, tentunya akan ada berbagai cara untuk mencapainya. Kemauan juga harus diikuti dengan kemampuan dan ilmu yang mumpuni.

Faktor penyebab keberhasilan berikutnya adalah jeli dalam melihat dan menciptakan peluang usaha. Seorang wirausahawan yang sukses dapat melihat sekecil apapun peluang yang ada di sekitarnya.

Selain ketiga faktor tadi, faktor keberhasilan lainnya adalah pandai dalam mengendalikan keuangan. Hal ini penting dipelajari karena kunci usaha yang sukses adalah keahlian dalam mengatur dan mengendalikan keuangan.

Penyebab keberhasilan berwirausaha yang terakhir adalah gigih dan pantang menyerah. Jika wirausahawan memiliki sifat gigih dan pantang menyerah, maka ketika mengalami kegagalan atau kerugian ia akan mencari cara lain untuk tetap menjalankan usahanya.

Nah, itu dia tadi beberapa kiat sukses menjadi seorang wirausahawan. Inti dari wirausaha adalah berani mengambil resiko dan pantang menyerah dalam menjalankan usaha. Jangan lupa, usaha juga harus selalu diiringi dengan doa ya Sobat SMP! Jadi, Jangan ragu dalam meraih cita-cita ya!

Penulis: Pengelola Web Direktorat SMP

Referensi: Modul IPS SMP Terbuka Peran Kewirausahaan dalam Membangun Ekonomi Indonesia terbitan Direktorat SMP tahun 2020

Scroll to Top