Jaga Kebugaran Jasmani dengan Latihan Fisik di Rumah

Dilihat 3,937 pengunjung

Halo, Sobat SMP! Sudah hampir satu tahun Indonesia menerapkan sistem pembelajaran jarak jauh (PJJ) akibat pandemi COVID-19. Penerapan sistem PJJ membuat aktivitas lebih banyak dilakukan di rumah. Meski di rumah saja, hal tersebut bukan menjadi alasan untuk tidak menjaga kebugaran jasmani.

Kebugaran jasmani adalah kesanggupan dan kemampuan tubuh dalam melakukan penyesuaian terhadap pembebanan fisik yang diberikan kepada tubuh tanpa menimbulkan kelelahan berlebihan. Bila tubuh bugar dan fit, berbagai pekerjaan yang memerlukan tenaga fisik dapat dilakukan dengan mudah. 

Kebugaran jasmani terkait erat dengan kekuatan otot. Kekuatan otot ini merupakan daya penggerak di dalam setiap kegiatan, mengurangi potensi terjadinya cedera, menguatkan stabilitas persendian serta menunjang efisiensi kerja.

Ada beberapa latihan fisik yang bisa Sobat SMP lakukan di rumah untuk mengasah kekuatan otot. Yuk simak latihan selengkapnya!

Squat jump

Squat jump adalah gerakan yang dilakukan untuk melatih kekuatan otot-otot kaki. Sikap awal adalah berjongkok sembari salah satu kaki berada di depan, lalu kaitkan kedua tangan di belakang kepala. Setelah itu, lompatlah ke atas hingga kedua kaki lurus ke atas. Pindahkan kaki saat secara bergantian ketika mendarat.

Push up

Ini merupakan latihan yang paling banyak dikenal. Push up berguna untuk memperkuat otot-otot lengan, perut, dan bahu. Gerakannya cukup mudah. Posisikan badan telungkup/ tengkurap, kedua kaki lurus rapat dengan ujung kaki menempel di lantai. Kedua tangan lurus menumpu di lantai selebar bahu atau dengan siku ditekuk. Setelah itu, angkat badan ke atas dan turunkan badan hingga hampir menyentuh lantai. 

Sit up

Baca Juga  Hati-Hati Dampak Negatif Media Sosial

Sit up cukup sulit dilakukan bagi yang tidak terbiasa. Namun, jenis gerakan ini memiliki manfaat yang cukup baik bagi tubuh karena melatih berbagai otot seperti otot perut, bahu, dada, panggul, dan pinggang bagian bawah. Cara melakukannya adalah dengan tidur terlentang, kedua lutut ditekuk dan kedua tangan berada di belakang kepala. Angkat bahu ke atas hingga duduk, kedua tangan tetap berada di belakang kepala. Rebahkan kembali badan ke lantai, lakukan sebanyak mungkin.

Naik turun kursi

Selain squat jump, latihan lain yang bisa kalian lakukan untuk memperkuat otot-otot kaki adalah naik turun kursi. Latihannya sangatlah mudah. Siapkan kursi yang tidak terlalu tinggi. Lalu naik turun kursi menggunakan kedua kaki secara bergantian. Lakukan berulang kali agar mendapatkan hasil yang maksimal.

Nah, itulah tadi beberapa latihan kebugaran jasmani yang bisa Sobat SMP lakukan dengan mudah di rumah. Meskipun hanya di rumah saja, kebugaran harus tetap dijaga ya. Selain itu, jaga pola makan dengan asupan gizi yang seimbang serta istirahat yang cukup.

Penulis: Pengelola Web Direktorat SMP

Referensi: Modul PJOK SMP Terbuka Kebugaran Jasmani  Kelas VII terbitan Direktorat SMP tahun 2020

Scroll to Top