Integrasi OSIS Wujudkan Kolaborasi Sinergis di Sekolah

Dilihat 5,107 pengunjung

Selain belajar mata pelajaran di dalam kelas, seorang pelajar juga dapat mengembangkan diri sekaligus pengetahuan dengan mengikuti berbagai kegiatan di sekolah. Bila ada yang memilih mengasah bakat melalui kegiatan ekstrakurikuler, kalian yang tertarik untuk masuk dalam organisasi dapat bergabung menjadi anggota Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS). 

OSIS yang merupakan organisasi resmi yang dibentuk, diawasi, sekaligus dibina oleh kepala sekolah, wakil kepala sekolah, dan guru. OSIS menjadi wadah pengembangan bagi yang terintegrasi dengan seluruh komponen kesiswaan yang sesuai dengan visi misi sekolah. Karena itu, OSIS menjadi organisasi kesiswaan yang penting di sekolah. 

Mengingat pentingnya peran organisasi OSIS itu sendiri, OSIS tidak bisa bergerak sendiri melainkan terintegrasi dengan banyak pihak di sekolah. Dengan apa sajakah OSIS terintegrasi? 

  • Sekolah 

Sebagai organisasi siswa, OSIS bernaung di bawah bendera sekolah masing-masing. Sekolah akan memfasilitasi berbagai kegiatan yang diinisiasi oleh OSIS. Tak hanya sekadar memfasilitasi, sekolah juga memberikan arahan sekaligus pembinaan. Seluruh kegiatan OSIS wajib disetujui oleh Kepala Sekolah dan Wakil Kepala Sekolah dan diketahui oleh para pembina. 

  • Siswa 
Baca Juga  6 Ciri Pelajar Pancasila yang Cerdas dan Berkarakter

OSIS juga terintegrasi secara umum dengan seluruh siswa yang ada di sekolah tersebut. Seluruh siswa berhak masuk dalam struktur organisasi OSIS sekaligus memilih ketua dan wakil ketua OSIS dalam pemilihan. Setiap kegiatan yang diinisiasi oleh OSIS juga sepatutnya dilaksanakan atas kepentingan siswa dalam konteks pengembangan prestasi. 

  • Ekstrakurikuler 

Sebagai unit kegiatan siswa, ekstrakurikuler merupakan wadah pengembangan minat dan bakat siswa secara teknis. Oleh karena itu, OSIS juga terintegrasi dengan seluruh ekstrakurikuler yang ada di sekolah. Umumnya, dalam struktur organisasi kepengurusan osis akan ada seksi khusus yang bertanggung jawab mewakili kebutuhan dan pengembangan dari setiap ekstrakurikuler. Orang tersebut yang akan menjembatani kegiatan satu sama lain.

Melalui program yang terintegrasi dengan banyak pihak, maka diharapkan OSIS dapat menjalankan perannya sebagai wadah kebutuhan siswa, merealisasikan berbagai kegiatan, sekaligus mengorganisir berbagai kegiatan siswa di sekolah. Setelah memahami pentingnya peran OSIS dan integrasi OSIS di sekolah, kalian tak perlu ragu untuk bergabung dalam pengurus OSIS, ya!

Penulis: Pengelola Web Direktorat SMP

Scroll to Top