Hati-Hati Dampak Negatif Media Sosial

Dilihat 13,611 pengunjung

Penetrasi dan jumlah pengguna internet yang terus meningkat secara signifikan setiap tahun menggambarkan betapa aktifnya masyarakat Indonesia di dunia maya. Salah satu faktor yang memengaruhi hal tersebut yaitu pandemi COVID-19 yang memaksa masyarakat menjalankan berbagai aktivitas secara daring, termasuk proses kegiatan belajar mengajar. 

Aktivitas berselancar di internet sehari-hari tentunya juga tak bisa dipisahkan dari penggunaan media sosial. Semakin tingginya kebutuhan akan media sosial, seolah membuat banyak orang terbuai dan tidak menyadari dampak negatif yang sebenarnya muncul bersamaan dengan dampak positifnya. Adapun dampak negatif dari penggunaan media sosial secara berlebihan antara lain:

1. Gangguan Kesehatan Fisik

Menatap layar gawai terlalu lama terlebih dalam jangka waktu panjang, dapat mengganggu kesehatan seperti miopi. Selain itu, kalian juga berpotensi mengalami mata kering, mual dan pusing. Hal lain yang juga mungkin terjadi adalah memicu rasa sakit atau pegal pada leher karena terlalu lama menunduk. 

2. Terpapar Konten Negatif 

Di jagat internet, ada jutaan informasi dengan berbagai bentuk konten yang dapat diakses dengan mudahnya. Media sosial yang menjadi platform berbagi konten dari para pengguna sangat berpotensi memunculkan konten-konten negatif dengan unsur SARA. Konten tersebut tidak baik untuk dikonsumsi oleh masyarakat terutama anak-anak serta remaja. 

3. Menimbulkan Gangguan Mental 

Seseorang kerap kali menggunakan media sosial untuk mengekspos kehidupan pribadi demi terciptanya citra tertentu di mata orang lain. Oleh karena itu, kalian akan sering melihat konten-konten yang mengundang kekaguman, ketertarikan, bahkan keinginan untuk dapat melakukan atau memiliki hal yang sama dengan orang tersebut. Tanpa disadari, kalian akan membandingkan diri dengan orang lain, merasa iri, sehingga gelisah, cemas, mudah emosi bahkan frustasi. Di sisi lain kalian juga berpotensi memiliki perilaku Fear of Missing Out (FOMO), yaitu rasa takut tertinggal dari orang lain. 

4. Terpapar HOAX 

Baca Juga  Dibuang Sayang, Abon Kulit Pisang Cita Rasa Menantang Dari SMP Terbuka Tiris

Banyaknya informasi yang tersebar di sosial media terkadang membuat masyarakat sulit membedakan antara informasi yang valid atau sekadar berita bohong (hoaks). Karena itu, kalian wajib mengecek validitas sebuah informasi terlebih dulu dari sumber terpercaya dan tidak langsung percaya pada informasi sepintas yang tidak jelas di media sosial. 

5. Mengganggu Relasi

Menggunakan media sosial secara terus menerus, membuat kalian menjadi lebih fokus pada dunia maya dibanding dunia nyata. Hal ini menyebabkan relasi di dunia nyata menjadi renggang, baik dengan teman, orang tua maupun masyarakat. Bukan tidak mungkin, hal tersebut membuat kalian menjadi pribadi yang lebih tertutup dan sulit bersosialisasi. 

6. Memicu Kejahatan 

Tindak tanduk di sosial media juga harus diperhatikan. Sebisa mungkin hindari berkomentar atau berbuat sesuatu yang tidak menyenangkan di sosial media sebab bisa membuat orang lain sangat marah sehingga mengincar kalian di dunia nyata. Data personal juga harus dijaga dengan baik agar informasi tersebut tidak digunakan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab.

Setelah mengetahui dampak negatif dari media sosial, kalian hendaknya lebih bijak dalam menggunakan sosial media agar tidak mengalami hal-hal di atas. Manfaatkanlah sosial media sebagai media hiburan, wadah untuk mengasah kreativitas, serta media informasi yang positif.

Penulis: Pengelola Web Direktorat SMP

Scroll to Top