Hari Bumi Sedunia: Kesadaran Masyarakat Tentang Pelestarian Alam

Dilihat 1,153 pengunjung

Sobat SMP, apakah Sobat SMP tahu bahwa tanggal 22 April diperingati sebagai Hari Bumi Sedunia? Hari Bumi diharapkan menjadi momen kesadaran bagi masyarakat di seluruh dunia tentang nilai-nilai kemanusiaan, ancaman yang dihadapi planet Bumi, dan cara-cara untuk membantu melindungi lingkungan.

Hari Bumi Sedunia pertama kali digalakkan oleh pengajar lingkungan Amerika Serikat Gaylord Nelson, seorang senator junior dari Wisconsin pada tahun 1970. Ia telah lama mengkhawatirkan lingkungan yang memburuk di Amerika Serikat. Kemudian pada Januari 1969,  masyarakat banyak menyaksikan kerusakan akibat tumpahan minyak besar-besaran di Santa Barbara, California.

Terinspirasi oleh gerakan mahasiswa anti perang, Senator Nelson ingin menanamkan energi protes anti perang mahasiswa dengan kesadaran publik yang muncul tentang polusi udara dan air. Senator Nelson mengemukakan gagasan untuk mengajar di kampus-kampus kepada media nasional, dan membujuk Pete McCloskey, seorang Anggota Kongres Partai Republik yang berpikiran konservasi, untuk menjadi wakil ketua.

Mereka merekrut Denis Hayes, seorang aktivis muda, untuk mengatur pengajaran kampus dan mereka memilih 22 April, hari kerja antara Libur Musim Semi dan Ujian Akhir, untuk memaksimalkan partisipasi siswa terbesar. Sejak saat itu, tanggal 22 April diperingati sebagai Hari Bumi Sedunia.

Hari Bumi secara luas diakui sebagai peringatan terbesar di dunia, yang ditandai oleh lebih dari satu miliar orang setiap tahun sebagai hari aksi untuk mengubah perilaku manusia dan menciptakan perubahan lingkungan. Saat ini, perjuangan untuk lingkungan yang bersih terus berlanjut dengan urgensi yang semakin meningkat, karena kerusakan akibat perubahan iklim menjadi semakin nyata setiap hari.

Berangkat dari kesadaran pribadi untuk berkontribusi dalam gerakan ini, generasi muda tentunya bisa turut serta dalam upaya penyelamatan lingkungan dengan mulai melakukan langkah-langkah kecil yang bisa diterapkan di rumah. Sobat SMP bisa mencoba mengurangi penggunaan deterjen, menggunakan pupuk organik dan kompos, menanam pohon di area tempat tinggal, mengurangi sampah plastik sekali pakai, serta bijak dalam penggunaan air dan listrik.

Bagi Sobat SMP yang ingin menambah pengetahuan terkait permasalahan serta upaya penyelamatan lingkungan, dapat membaca modul IPA yang disusun oleh Direktorat SMP dengan mengunduh pada link berikut. Yuk, bersama-sama kita menjaga kelestarian Bumi. 

 

Baca Juga  Hari Puisi Nasional: Mengenang Wafatnya Legenda Penyair Chairil Anwar

Referensi: https://www.earthday.org/history/

Penulis: Pengelola Web Direktorat SMP

Scroll to Top