Halo Sobat SMP! Ayo Memahami Aturan Dasar Bermain Futsal

Dilihat 4,906 pengunjung

Bermain futsal satu jenis permainan olahraga yang cukup digemari berbagai kalangan diantaranya siswa siswi SMP di negeri ini. Permainan ini sering menjadi ekstrakurikuler favorit bagi anak-anak sekolah, khususnya para siswa laki-laki. Bagi kalian yang belum mengenal aturan dasar dalam permainan futsal, simak artikel ini selengkapnya, ya!

Pada dasarnya, futsal adalah versi “mini” dari olahraga sepak bola. Hal ini disebabkan karena ukuran lapangan yang digunakan memiliki panjang sekitar 25–42 meter dan lebar sekitar 15–25  meter. Lapangannya pun haruslah datar, halus, serta disarankan permukaannya terbuat dari kayu.

Futsal merupakan olahraga menendang dan menyundul bola dengan tujuan memasukkannya ke gawang lawan. Akan tetapi, perlu diperhatikan bahwa bola tidak boleh disentuh oleh tangan para pemain, kecuali keeper.

Agar dapat berjalan, permainan ini harus dimainkan oleh dua tim. Masing-masing tim mempunyai 5 pemain utama + 1 pemain cadangan. Ada pun komposisi pemainnya terdiri dari penjaga gawang (keeper), pemain bawah (anchor) sebagai pengatur tempo, pemain sayap (flank) sebagai pemain kunci, dan juga pemain depan (pivot) sebagai ujung tombak.

Jika pada sepak bola permainan dilakukan dalam durasi 2 x 45 menit, waktu dalam permainan futsal dipangkas menjadi lebih cepat. Pada permainan futsal, waktu bermain terdiri dari dua babak di mana setiap babaknya berjalan selama 20 menit. Namun, untuk waktu istirahat mirip dengan sepak bola, yaitu 15 menit.

Berbicara mengenai futsal tentu tak luput dari kostum para pemainnya. Untuk pemain, biasanya kostum yang digunakan adalah kaos lengan pendek bernomor, kaos kaki khusus, pengaman kaki, dan juga sepatu khusus. Berbeda dengan pemain, keeper mengenakan kostum berlengan panjang, celana panjang, dan harus menggunakan warna kostum yang berbeda dengan pemain dan wasit.

Olahraga ini tidak cuma bisa dilakukan oleh kaum laki-laki saja ya, Sobat SMP. Kaum hawa tentu juga dapat memainkan permainan futsal ini. Namun, untuk perempuan yang memakai hijab diharuskan mengenakan hijab yang berwarna senada dengan warna dasar rambut, yakni hitam.

Ya, itulah beberapa aturan dasar bermain futsal yang penting diketahui. Dengan mengetahui aturan-aturan tersebut, kalian tak perlu ragu untuk ikut serta di lapangan, ya. Permainan juga akan berjalan lebih lancar jika para pemain telah memahami dengan baik hal tersebut.

Penulis: Pengelola Web Direktorat SMP

Scroll to Top