Direktorat SMP Rilis Modul PJJ Terbaru Semester Genap

Dilihat 5,812 pengunjung

Tak terasa kita sudah memasuki semester genap tahun ajaran 2021/2021. Satuan pembelajaran juga masih terus menyelenggarakan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ), demi menjaga keselamatan seluruh warga sekolah. Oleh karena itu, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) Republik Indonesia menyusun serangkaian modul yang dapat dimanfaatkan oleh para guru dan murid sebagai materi ajar selama PJJ.

Penyiapan modul-modul tersebut dilakukan dalam rangka mendukung pelaksanaan kebijakan penjaminan mutu dan pemberian fasilitasi penyelenggaraan pendidikan, khususnya untuk jenjang SMP pada masa pandemi COVID-19 ini.

Jika sebelumnya Direktorat SMP melalui Bidang Penilaian telah merilis modul mata pelajaran dan keterampilan untuk kelas VII, VIII, dan IX pada semester gasal, maka kini sobat SMP sudah bisa mendapatkan modul semester genap, sesuai dengan tingkatan kelas masing-masing juga , loh!

Modul semester genap yang tersedia saat ini sudah lengkap untuk sembilan mata pelajaran seperti Modul PJJ Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, IPA, IPS, Matematika, PJOK, PPKn, Prakarya Budidaya, Prakarya Pengolahan, Prakarya Rekayasa, Seni Musik, Seni Teater, Seni Rupa, Seni Tari, dan Prakarya Kerajinan. Lengkap sekali, kan?

Seperti modul sebelumnya, modul semester genap ini tidak hanya bisa dimanfaatkan oleh siswa, namun juga oleh guru. Di dalamnya terdapat pula penjabaran terkait peran guru dan orang tua untuk setiap bahasan. Setiap bab pembahasan, terdiri dari tujuan pembelajaran, peran guru dan orang tua, aktivitas pembelajaran, latihan, rangkuman, refleksi, evaluasi, kunci jawaban, serta pedoman penilaian. 

Modul PJJ semester genap ini, disusun lebih ringkas, dengan jumlah bab yang relatif lebih sedikit dibandingkan buku mata pelajaran utama karena hanya memuat materi yang sesuai dengan KD (Kompetensi Dasar) yang dianggap esensial untuk diajarkan dalam Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ). Secara visual, modul PJJ terbitan Direktorat SMP ini juga dilengkapi dengan visualisasi gambar yang menarik sehingga tidak hanya saja informatif namun juga menarik. 

Jadi, bagi sobat SMP yang sudah menunggu-nunggu modul PJJ semester genap bisa langsung mengunduhnya pada link berikut. Pastikan mengunduh sesuai dengan tingkatan kelas masing-masing, ya. Semoga dengan adanya modul-modul tersebut, sobat SMP bisa terus semangat belajar dari rumah.

Scroll to Top