Direktorat Sekolah Menengah Pertama Menerbitkan 7 Buku Panduan TIK

Dilihat 5,406 pengunjung

Sumber belajar saat ini tidak lagi didominasi dalam bentuk cetak seperti buku siswa, lembar kerja siswa, dan buku-buku referensi, hal ini menjadikan keberadaan peralatan TIK (Teknologi Informasi dan Komunikasi) di satuan pendidikan sebagai pusat sumber belajar merupakan suatu keniscayaan.

Untuk menjawab kondisi tersebut Pemerintah akan memfasilitasi sekolah dengan menjamin ketersediaan sarana dan kelengkapan peralatan TIK yang dapat meningkatkan kompetensi siswa, guru dan tenaga kependidikan.

Dengan adanya Peralatan TIK di sekolah akan dapat menunjang peningkatan mutu pembelajaran, kemudahan dalam mengakses dan menjangkau bagi semua. Dengan tersedianya sarana belajar dengan keluasan sumber belajar diharapkan siswa, guru dan civitas akademika satuan pendidikan lainnya dapat mengeksplorasi segala bentuk sumber belajar dan menggunakannya dalam menunjang proses kegiatan belajar mengajar untuk meningkatkan mutu penyelenggaraan pendidikan.

Dalam rangka pemenuhan kebutuhan sarana dan prasarana pendidikan, pada tahun 2020 Direktorat SMP, Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah, Kementerian Pendidikan dan kebudayaan Republik Indonesia memberikan bantuan peralatan TIK.

Baca Juga  Gelar Raker Perdana, Kemendikbud dan DPR Bahas Program Prioritas Pendidikan 2021

Agar bantuan peralatan TIK yang diberikan dapat dikelola secara efektif, efisien dan dapat dilaksanakan dengan penuh tanggungjawab. Direktorat Sekolah Menengah Pertama telah menyusun Buku Panduan yang menunjang kebijakan penyediaan bantuan pemerintah peralatan TIK.

Buku panduan yang telah disusun berjumlah 7 yaitu: panduan penggunaan peralatan TIK, panduan pemeriksaan peralatan TIK, panduan pengoperasian Chromebook secara online, panduan pengoperasian Chromebook secara offline, panduan instalasi dan konfigurasi peralatan TIK, panduan pemanfaatan peralatan TIK dan panduan perawatan dan Trouble shooting peralatan TIK.

Adanya buku panduan tersebut diharapkan menjadi acuan umum bagi semua pihak yang terlibat dalam penyediaan bantuan pemerintah peralatan TIK.

Buku panduan bisa didapatkan pada menu Download atau menu Panduan di website resmi Direktorat Sekolah Menengah Pertama dengan domain http://ditsmp.kemdikbud.go.id.

 

 

 

Penulis : pengelola web Dit.SMP

Scroll to Top