Anak SMP Terbuka Malangbolong Terampil Menjahit, Merenda Masa Depan

Dilihat 4,402 pengunjung

Terbatasnya keahlian yang dimiliki, membuat masyarakat di daerah Kecamatan Malangbolong, Kabupaten Garut, Jawa Barat, kerap kali kesulitan mendapatkan pekerjaan yang layak dalam jangka panjang.

SMP Terbuka Malangbolong berupaya untuk menangkap permasalahan sekaligus potensi daerah tersebut untuk menghadirkan solusi berupa Program Pendidikan Keterampilan (PPK) dengan fokus keterampilan menjahit bagi peserta didik. Banyaknya masyarakat yang bekerja di bidang konveksi, menjadi landasan utama dipilihnya kegiatan PPK tersebut. 

Hal ini lantas disambut baik oleh masyarakat sekitar dilihat dari banyaknya peserta didik yang bergabung tiap tahun, yakni mencapai 100 orang. Untuk di tahun 2020 sendiri, tercatat sebanyak 174 peserta didik yang mendaftar. Para peserta didik kemudian dibimbing dan dilatih menghasilkan berbagai produk jahitan seperti sarung bantal, sprei, sarung guling, gamis, baju hangat, pakaian olahraga, serta pakaian anak dan dewasa.

 

Mengingat rumitnya proses produksi jahitan, pihak SMP Terbuka Malangbolong menyusun bahan ajar secara komprehensif dan berjenjang, agar peserta didik dapat mengikuti kegiatan pembelajaran dengan baik. Frekuensi pembelajaran juga dibuat cukup tinggi sebanyak dua kali seminggu bertempat di SMP Induk, dan empat kali seminggu bertempat di Tempat Kegiatan Belajar (TKB) masing-masing. 

Sebelum mempelajari teknik menjahit, peserta didik terlebih dahulu diperkenalkan macam-macam tusuk hias sekaligus teknik penyelesaian. Setelah itulah, peserta didik akan diajarkan untuk mengambil ukuran, membuat pola di atas kain, menggunting bahan, sampai dengan menjahit menggunakan mesin. 

Dari serangkaian kegiatan PPK yang terlaksana di SMP Terbuka Malangbolong, beberapa alumni telah mendulang kesuksesan. Bahkan diantaranya sukses membuka usaha menjahit sendiri sehingga tidak perlu bergantung pada kesempatan kerja di perusahaan konveksi. 

“Saya seorang Ibu Rumah Tangga dengan 1 orang anak. Alhamdulillah, bekal ilmu dan keterampilan yang diperoleh dari Program Keterampilan Menjahit SMP Terbuka Malangbolong, dapat menambah income bagi saya dari membuka usaha jahit di rumah” ungkap Nurul Aeni Jamaliah, alumni SMP Terbuka Malangbolong tahun 2016. 

Sampai saat ini, SMP Terbuka Malangbolong terus menerima berbagai pesanan pakaian dari berbagai daerah sekitar. Kualitas produk yang dihasilkan senantiasa terus dijaga dan ditingkatkan agar mampu bersaing dengan produk kompetitor. Inovasi baik motif maupun jenis produk juga selalu dikembangkan.

Kalian ingin belajar lebih lanjut mengenai langkah-langkah pembuatan masker? Silakan unduh modul “Merajut Asa dengan Program Keterampilan Menjahit” di bawah ini.

Penulis: Pengelola Web Direktorat SMP

Scroll to Top