Akses Buku Pelajaran Gratis di Sistem Informasi Perbukuan Indonesia

Dilihat 4,136 pengunjung

Halo, Sobat SMP! Sudah hampir satu tahun pendidikan di Indonesia menerapkan sistem pembelajaran jarak jauh (PJJ). Karena terbatasnya waktu pembelajaran ketika PJJ dilaksanakan, tidak sedikit Sobat SMP yang harus mencari alternatif bahan belajar agar tetap bisa mengikuti materi. Oleh karena itu, Sistem Informasi Perbukuan dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia (Kemendikbud RI) bisa menjadi salah satu solusi dari masalah ini.

Jika menilik Undang-undang Nomor 3 Tahun 2017 tentang Sistem Perbukuan pada Pasal 1 ayat (1), Sistem Perbukuan adalah tata kelola perbukuan yang dapat dipertanggungiawabkan secara menyeluruh dan terpadu, yang mencakup pemerolehan naskah, penerbitan, pencetakan, pengembangan buku elektronik, pendistribusian, penggunaan, penyediaan, dan pengawasan buku. 

Sekarang, Sistem Informasi Perbukuan Indonesia sudah hadir dalam situs internet https://buku.kemdikbud.go.id/. Ada berbagai fitur yang bisa kalian manfaatkan di situs ini. 

Salah satu fitur menarik dari Situs Informasi Perbukuan Indonesia ialah pengaksesan beragam buku. 

Buku yang tersedia terdiri dari tiga jenis utama. Jadi jika sobat SMP sudah mulai bosan belajar dari rumah dengan bahan pembelajaran yang ada, kalian bisa mencoba berbagai alternatif sumber belajar tersebut supaya kembali semangat belajar.  Kira-kira buku apa saja yang tersedia di Sistem Informasi Perbukuan Indonesia?

1. Buku PDF

Jenis buku yang pertama adalah Buku PDF. Mungkin sebagian besar Sobat SMP sudah sering melihat format jenis ini. Buku berjenis PDF memiliki keunggulan seperti berukuran tidak terlalu besar, mudah diakses secara online (daring), dan juga dapat dibaca luring (offline) kapan pun setelah diunduh.

2. Buku Elektronik Interaktif

Baca Juga  Penguatan Pendidikan Karakter Melalui Kegiatan Antisipasi Tindakan Kekerasan Peserta Didik SMP

Selanjutnya adalah Buku Elektronik Interaktif. Ini merupakan fitur yang menyajikan buku dalam format aplikasi daring yang memiliki berbagai konten seperti suara, video, animasi, permainan, dan juga VR (virtual reality). Hal yang membuat ini menarik adalah animasi ketika kalian membuka halaman berikutnya, terdapat animasi dan suara kertas yang seolah-olah dibalik seperti buku fisik.

3. Buku Audio

Jenis buku yang terakhir adalah Buku Audio. Buku ini berupa materi suara dengan format mp3 atau ogg yang dapat didengarkan kapan pun dan di mana pun kalian berada. Namun, untuk Buku Audio kini masih dalam tahap pengembangan.

Seluruh buku yang terdapat di situs Sistem Informasi Perbukuan Indonesia bisa kalian akses secara gratis. Selain itu, buku-buku yang tersaji sangatlah lengkap mulai dari buku pelajaran jenjang SD, SMP, hingga SMA. Semua mata pelajaran pun ada di dalamnya.

Jadi, Sistem Informasi Perbukuan Indonesia sangat cocok untuk menunjang proses belajar kalian di rumah. Kalian bisa menambah pengetahuan hanya dari rumah lewat situs https://buku.kemdikbud.go.id/. Semoga informasi ini bermanfaat ya, Sobat SMP!

Penulis: Pengeola Web Direktorat SMP

Scroll to Top