Akses Belajar Tanpa Batas Berkat Akun Pembelajaran Kemendikbud

Dilihat 2,100 pengunjung

Dalam rangka memfasilitasi pembelajaran jarak jauh yang dilakukan selama pandemi COVID-19, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) membuat banyak sekali terobosan baru berbentuk platform sebagai sarana belajar secara daring. Salah satu platform yang diciptakan adalah Akun Pembelajaran dengan domain belajar.id

Tetapi, apa sebenarnya yang dimaksud dengan Akun Pembelajaran? Akun Pembelajaran merupakan akun elektronik yang memuat nama akun (user ID) dan akses masuk akun (password) yang diterbitkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dan dapat digunakan oleh peserta didik, pendidik, dan tenaga kependidikan sebagai akun untuk mengakses layanan/aplikasi pembelajaran berbasis elektronik.

Akun Pembelajaran akan menjadi salah satu jalur komunikasi resmi Kemendikbud ke peserta didik, pendidik, dan tenaga kependidikan. Selain itu, Akun Pembelajaran juga sudah siap pakai dan sesuai struktur satuan pendidikan masing-masing pengguna. 

Manfaat yang didapatkan dengan memiliki Akun Pembelajaran juga cukup banyak, seperti menerima Materi dan informasi dari Kemendikbud melalui surat elektronik dan dapat mengakses aplikasi-aplikasi resmi Kemendikbud yang berjumlah sekitar 45 aplikasi terintegrasi. Aplikasi-aplikasi tersebut dapat membantu guru dan tenaga kependidikan membuat berbagai materi menarik yang dapat menunjang pembelajaran. 

Keamanan Akun Pembelajaran telah diatur sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan dalam rangka memberikan perlindungan terhadap kerahasiaan data, informasi, dan/atau dokumen aktivitas Akun Pembelajaran; dan kemungkinan terjadinya kelalaian dalam penggunaan dan/atau penyalahgunaan data, informasi, dan/atau dokumen aktivitas Akun Pembelajaran.  Sesuai dengan Syarat dan Ketentuan G Suite for Education, data aktivitas pengguna akun G Suite for Education tidak digunakan untuk kepentingan komersil.

Jika Akun Pembelajaran yang telah diterbitkan tidak diakses oleh peserta didik, guru, dan tenaga pendidik sampai dengan 30 Juni 2021, maka Akun Pembelajaran tersebut akan dinonaktifkan secara otomatis. 

Pembuatan Mudah & Gratis 

Baca Juga  Mengajar Makin Mudah dengan Chromebook

Pembuatan Akun Pembelajaran cukup mudah dan tentunya tanpa mengeluarkan biaya. Untuk membuat Akun Pembelajaran, Anda dapat melakukan langkah-langkah di bawah ini: 

  1. Operator satuan pendidikan masuk ke laman pd.data.kemdikbud.go.id
  2. Operator satuan pendidikan mengunduh arsip CSV yang berisi daftar nama akun / user ID dan kata sandi di satuan pendidikannya
  3. Operator satuan pendidikan mendistribusikan Akun Pembelajaran kepada pengguna 
  4. Untuk mengaktifkan Akun Pembelajaran, masukkan ID dan kata sandi Akun Pembelajaran yang sudah diterima sebelumnya yang telah diterima untuk login pada Gmail
  5. Pengguna menyetujui syarat dan ketentuan Akun Pembelajaran serta mengubah kata sandi dengan kata sandi baru yang dikehendaki

Bila mengalami kesulitan dalam membuat Akun Pembelajaran, Sobat SMP dapat melihat video petunjuk lebih detail terkait langkah-langkah pembuatan pada laman belajar.id. Tersedia pula webinar terkait beragam fitur yang dapat dimanfaatkan dengan Akun Pembelajaran. Yuk, maksimalkan proses belajar mengajar dari rumah menggunakan Akun Pembelajaran.

Penulis: Pengelola Web Direktorat SMP

Scroll to Top