6 Kegiatan Positif Agar Ramadhan Tetap Produktif

Dilihat 670 pengunjung

Sebagai seorang pelajar, menjalani ibadah puasa selama seharian penuh tentu tidak boleh menjadi alasan untuk bermalas-malasan. Alih-alih hanya bersantai seharian dengan dalih lagi berpuasa, lebih baik Sobat SMP memanfaatkan waktu yang ada untuk melakukan aktivitas positif. Bingung harus melakukan apa? Yuk, coba lakukan 6 (enam) kegiatan yang bisa membuat Sobat SMP tetap produktif di bulan Ramadhan.

1. Beribadah

Di bulan suci ini, Sobat SMP dapat menggunakan waktu untuk memperbanyak ibadah. Selain menjalankan ibadah wajib seperti salat 5 (lima) waktu dan berpuasa, alangkah baiknya Sobat SMP juga menjalankan berbagai ibadah sunah seperti membaca Al-Quran selepas salat, membaca selawat nabi, menjalankan salat tarawih, maupun mendengarkan tausiah. Dengan begitu, bulan Ramadan ini dapat menjadi momen pendekatan diri kepada Sang Pencipta. 

2. Membaca Buku 

Saat ini, terdapat beberapa perpustakaan di Indonesia yang memiliki layanan pustaka digital, dimana Sobat SMP dapat meminjam dan membaca buku digital tanpa perlu datang ke lokasi perpustakaan. Terdapat ribuan koleksi buku yang dapat dibaca dengan ragam kategori. Sobat SMP dapat meningkatkan wawasan keagamaan maupun pengetahuan umum lainnya dengan memanfaatkan layanan ini. Jadi, tak perlu mengeluarkan uang untuk membeli buku atau pergi ke perpustakaan, deh.

3. Menonton Film

Bila membaca buku terasa cukup menjemukan, Sobat SMP dapat mencoba menonton film inspiratif seperti perjalanan tokoh Islami, kisah-kisah Nabi, atau film-film yang mengangkat tema budaya Indonesia di rumah melalui internet. Jika ingin pergi keluar, Sobat SMP dapat menghadiri pemutaran film-film pilihan di Perpustakaan Nasional. Tetapi ingat, jangan lupa untuk tetap menjaga protokol kesehatan selama berada di luar rumah, ya.

4. Menulis

Baca Juga  Radio Edukasi Siarkan Acara Pendidikan dan Hiburan Untuk Siswa

Kemampuan menulis juga bisa diasah melalui hal-hal kecil, loh. Sobat SMP bisa mencoba menuliskan ulasan terkait film-film yang ditonton, mencatatkan kegiatan sehari-hari selama Ramadhan, mencoba menulis sajak-sajak pendek, membuat catatan dari buku yang telah dibaca, atau membuat jurnal syukur (gratitude journal) dengan menuliskan hal-hal yang Sobat SMP syukuri di hari itu. Bila dilakukan rutin selama 30 hari penuh, kemampuan menulis Sobat SMP akan dapat meningkat.

5. Membuat Prakarya 

Kegiatan lain yang dapat dapat dilakukan untuk mengisi Ramadhan yaitu dengan membuat prakarya. Sobat SMP bisa mencoba budidaya, pengolahan makanan, maupun membuat berbagai kerajinan yang sesuai dengan ketertarikan. Direktorat SMP juga menyedia modul prakarya budidaya, prakarya pengolahan, dan prakarya aspek kerajinan untuk setiap jenjang kelas yang bisa menjadi acuan bagi Sobat SMP dalam melakukan percobaan. Untuk mengunduh, silakan klik tautan ini.

6. Mendengarkan Podcast

Beberapa tahun belakangan, podcast berhasil menjadi salah satu media yang cukup digandrungi oleh anak muda karena banyak digunakan sebagai platform berbagi pengetahuan. Podcast sendiri merupakan sebuah berkas digital berbasis audio yang dapat didengarkan secara daring melalui aplikasi streaming music seperti Spotify dan Google Podcast. Ada banyak pilihan topik menarik nan edukatif yang bisa Sobat SMP dengarkan sembari menunggu jam berbuka tiba. 

Dari kegiatan-kegiatan di atas, manakah yang ingin Sobat SMP coba lakukan? Semoga artikel ini bermanfaat dan menginspirasi Sobat SMP, ya. Jangan lupa tetap semangat selama puasa.

 

Penulis: Pengelola Web Direktorat SMP

Scroll to Top