5 Karakteristik Pemandu Acara Profesional yang Wajib Diketahui

Dilihat 2,041 pengunjung

Di era Industri 4.0 seperti sekarang ini, kemampuan berkomunikasi merupakan kemampuan yang wajib dimiliki oleh seseorang. Kemampuan berkomunikasi yang baik, tentu saja akan membantu Sobat SMP untuk mengembangkan diri baik di sekolah, organisasi, keluarga, dan di masyarakat. Bahkan bila mencapai tingkat kecakapan tertentu, Sobat SMP bisa membuka peluang karier di masa mendatang, loh

Salah satu kemampuan berkomunikasi yang penting untuk dikuasai adalah Master of Ceremony (MC) atau dikenal pula dengan istilah pemandu acara. Pemandu acara bertugas untuk memandu jalannya acara dari awal hingga akhir, sehingga berjalan dengan baik serta sesuai dengan tujuan dan jenis acara. 

Apakah Sobat SMP mengenal Najwa Shihab? Ya, Najwa Shihab adalah seorang jurnalis yang kemudian menjadi pemandu acara terkenal di salah satu televisi. Ia sukses menjadi pemandu  acara terkenal, karena mampu membawakan acara secara khas, menarik, informatif, dan lugas. Hal tersebut sesuai dengan jenis acara yang dibawakan. 

Jadi jika sobat SMP ingin menjadi pemandu acara terkenal seperti Najwa Shihab, tentunya diperlukan pengetahuan terkait teknik memandu acara yang baik, serta jam terbang yang tinggi. Sebagai langkah pertama, Sobat SMP harus mengenal terlebih dahulu karakteristik seorang MC yang baik. 

1. Percaya diri

Seorang pemandu acara harus tampil di depan audiens dengan penuh percaya diri dengan menunjukkan kepribadian yang ramah. Selain itu, pemandu acara juga dituntut untuk bisa berbicara dengan artikulasi yang jelas, serta bahasa tubuh (gesture) yang baik. Hal-hal tersebut bisa membantu Sobat SMP terlihat meyakinkan dan profesional di mata audiens. 

2. Menghidupkan suasana

Jika sudah tampil dengan penuh percaya diri, selanjutnya pemandu acara dituntut untuk bisa menghidupkan suasana sesuai dengan acara yang dibawakan. Bila acara yang dibawakan acara tidak formal, maka Sobat SMP bisa membangun suasana agar terasa meriah. Namun jika acara yang dipandu adalah acara formal, Sobat SMP dapat membangun suasana tetap hidup namun tidak berlebihan. Perhatikan pula siapa audiens yang hadir di acara tersebut.

3. Selera humor

Baca Juga  Mengajar Makin Mudah dengan Chromebook

Selanjutnya, seorang pemandu acara juga harus memiliki selera humor yang baik agar mampu menghidupkan suasana. Hal ini untuk menghindari acara yang dipandu menjadi terlalu tegang dan kaku. Tetapi seperti yang disampaikan pada poin sebelumnya, perhatikan pula siapa audiens yang hadir di acara tersebut agar humor yang disampaikan dapat diterima dengan baik. 

4. Tepat waktu

Hal ini juga menjadi karakter penting yang wajib dimiliki oleh pemandu acara. Mengingat pemandu acara bertugas dari awal hingga akhir acara, maka diharapkan untuk hadir di lokasi acara sebelum acara dimulai agar dapat mempersiapkan diri, mendapatkan briefing, serta mempelajari alur acara. 

5. Menguasai acara

Yang dimaksudkan dengan menguasai acara adalah pemandu acara sudah mengetahui seluruh alur acara dari awal hingga akhir, sehingga tidak terus menerus melihat teks susunan acara. Buatlah catatan kecil berupa poin-poin penting yang akan disampaikan.Dengan begitu, Sobat SMP dapat berkomunikasi lebih leluasa dengan hadirin. Hal ini juga penting dilakukan untuk kebutuhan koordinasi dengan seksi acara atau panitia acara lainnya. 

Setelah mengetahui karakteristik pemandu acara yang baik, Sobat SMP bisa mempraktikkannya sendiri, ya. Jangan ragu untuk tampil sebagai pemandu acara di berbagai acara sekolah maupun luar sekolah. Jika terus mencoba, tidak tertutup kemungkinan Sobat SMP bisa berkarier menjadi MC profesional di masa depan.

Penulis: Pengelola Web Direktorat SMP

Referensi: Panduan Mahir Berkomunikasi Direktorat SMP

Scroll to Top